Home / Covid-19

Rabu, 22 September 2021 - 11:46 WIB

Rencana Mesin PCR Tidak Untuk Umum, Sudah Tepat?

PERSIAPAN sarpras tengah dilakukan daerah dan BLUD jelang pengoperasian laboratorium PCR

PERSIAPAN sarpras tengah dilakukan daerah dan BLUD jelang pengoperasian laboratorium PCR

BENGKULU UTARA – Rencana daerah lewat Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang akan memberlakukan penggunaan mesin polymerase chain reaction atau PCR bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hanya untuk melayani pasien dan tidak untuk umum, agaknya perlu dikaji kembali. Apalagi, PCR saat ini menjadi salah satu prasyarat utama ketika akan melakukan bepergian di tengah pagebluk Covid-19 yang belum terhenti saat ini.

Dalam sidak Komisi 1 DPRD Bengkulu Utara (BU) belum lama ini, Direktur RSUD Arga Makmur, dr Herawati, menegaskan fasilitas mesin PCR nantinya, tidak untuk melayani umum. Fasilitas hibah dari pemerintah pusat yang kini tengah dipersiapkan sarpras pendukunganya lewat join anggaran milik BLUD dan dana Covid-19 tersebut, hanya untuk memfasilitasi pasien saja. Maklum, RSUD Arga Makmur menjadi salah satu dari sedikit rumah sakit di Provinsi Bengkulu yang dipercaya Kemenkes menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Bengkulu.

“Karena mesin ini sifatnya bantuan, meski dikelola oleh BLUD. Tapi khusus untuk melayani pasien Covid-19,” terang Herawati di ruang kerjanya, belum lama ini.

Pengoperasian mesin yang dikirim langsung dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNNP) itu, masih memiliki kendala yang harus dipersiapkan oleh daerah dan rumah sakit. Selain perizinan yang akan menunggu lisensi dari Puslitbangkes, Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Beberapa alat pendukung pengoperasian laboratorium khusus Covid-19, masih belum dilengkapi oleh daerah.

“Tapi untuk alat-alat sudah dalam proses dan disiapkan daerah. Dari BLUD menyiapkan sarpras seperti gedung dan SDM. Berikutnya menunggu lisensi dari Puslitbangkes, agar hasil laboratoriumnya memiliki pengakuan secara klinis dan berlaku secara nasional,” pungkasnya. (way)

Share :

Baca Juga

Covid-19

Vaksin Nusantara Bersifat Individual dan Tidak Dapat Dikomersialkan

Covid-19

Vaksinasi Door To Door Polres BU Diserbu Warga Senali