GemaMerdeka – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Patroli Pengawasan Anti Politik Uang pada masa Tenang Pilkada 2020 yang didahului dengan Apel Persiapan yang dihadiri oleh Polres Bengkulu Utara, Kodim 0423 Bengkulu Utara, Satpol PP dan Kesbangpol serta jajaran Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pengawas TPS Kabupaten Bengkulu Utara.

Apel dilaksanakan di halaman sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara dimana pada tahapan Masa Tenang yang dimulai hari ini 6 Desember 2020 hingga 8 Desember 2020 Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara bersama-sama dengan Personil Kepolisian, TNI, Satpol PP, Kesbangpol dan jajaran Pengawas Kecamatan akan melakukan patroli pengawasan anti politik uang sekaligus penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari surat Edaran Bawaslu RI Nomor S-0822 K.BAWSLU/PM.00/00/12/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Patroli Pengawasan Anti Politik Uang Pada Masa Tenang Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Ketua Bawaslu Bengkulu Utara yakni Titin Sumarni, SH menjelaskan kegiatan patroli yang akan dilaksanakan merupakan kegiatan pencegahan pelanggaran pada masa tenang menjelang hari pemungutan dan penghitungan suara 2020 di mana Bawaslu Bengkulu Utara menghimbau masyarakat untuk menolak Politik Uang dengan membagikan Stiker Patroli “Tolak Politik Uang” dan selebaran berupa himbauan terkait larangan-larangan dan pelanggaran pada masa tenang.

“Hari ini mulai masa tenang, kita himbau kepada masyarakat untuk menolak Politik Uang, mari kita sukseskan Pilkada serentak tahun 2020 ini” Singkat Titin Sumarni.

Selain itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Tri Suyanto, SE menjelaskan rute patroli pengawasan masa tenang yang akan dilaksanakan hari ini yaitu dimulai dari Kecamatan Arga Makmur, Padang Jaya, Air Padang, Batik Nau dan Lais.

“Hari ini kita patroli ke Kecamatan Arga Makmur, Padang Jaya, Air Padang, Batik Nau dan Lais” Kata Tri Suyanto.

Sementara itu Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa yakni Tugiran, M. Pd menegaskan dengan adanya apel ini dapat menggelorakan semangat jajaran Pengawas, baik di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan/Desa dalam melaksanakan pengawasan menjelang hari pemungutan dan penghitungan suara.

“Semoga dengan adanya apel bersama ini dapat menggelorakan semangat jajaran Pengawas dalam melakukan pengawasan menjelang hari pemungutan suara” Ujar Tugiran.

FbR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *