Home / Daerah

Selasa, 5 Oktober 2021 - 20:54 WIB

Masih Dilarang Bermalam di PLG Sebelat

ilustrasi kawasan konservasi gajah

ilustrasi kawasan konservasi gajah

BENGKULU UTARA – Aktifitas di kawasan-kawasan Taman Wisata Alam (TWA), salah satunnya, TWA Sebelat yang ada di Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara (BU), masih melarang pengunjung menginap. Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Sebelat, Asep M Nasir, menyampaikan edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang ditujukan kepada satuan konservasi, untuk melarang pengunjung bermalam di lokasi Pusat Latihan Gajah (PLG) pada Agustus lalu, belum dicabut.

“Masih dilarang bermalam di kawasan ini,” ujar Asep, salah satu petugas di kawasan hutan konservasi seluas 7.700 hektar itu.

Namun begitu, Asep menerangkan masyarakat masih diperbolehkan berkunjung di kawasan konservasi yang membawahi Resort Sebelat dan Resort Air Rami yang menyebar di kawasan Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Mukomuko tersebut. Ditanya soal gajah, ASN KLHK yang bertugas sejak 1995 sekaligus koordinator lapangan, menyampaikan total gajah yang menjadi obyek pengawasan lebih kurang mencapai 50-an ekor. 10 diantaranya, sudah jinak. Tujuah diantaranya yang jinak itu betina. Sisanya, pejantan. Untuk yang masih liar, terus dia, diperkirakan berjumlah 30 hingga 40 ekor. Lokasinya pun menyebar : mulai dari Hutan Produksi Terbatas (HPT) Lebong Kandis dan Hutan Produksi (HP) Air Rami. Tepatnya di ujung kawasan Hak Guna Usaha (HGU) PT Alno Agro Utama. Kondisi penyelenggaraan aktifitas di kawasan khusus itu, meski sudah membuka kunjung masuk ke lokasi pelatihan gajah, namun masih melarang pengunjung untuk bermalam di lokasi. Waktunya sampai kapan? Asep yang juga koordinator lapangan PLG Sebelat yang tugas-tugasnya dilakukan oleh 15 pamong gajah dan 4 orang polisi hutan atau polhut itu belum menjelas. Versinya, tengah menunggu petunjuk pusat. Tepatnya, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu.

“Sementara ini, pengunjung masih dilarang bermalam,” terangnya memungkas. (way)

Share :

Baca Juga

Bengkulu Utara

Dari 136 Bumdes Se BU Yang Terdaftar, Hanya 12 Bumdes Yang Laporkan Hasil Produksi

Daerah

Jalin Silaturahmi dan Perkuat Sinergitas, Pemkot Sambut Hadiran Kejari Bengkulu

Bengkulu Utara

Dewan Bengkulu Utara Minta Penertiban PKL Terminal Purwodadi Ditunda

Daerah

Sambut Nataru, 6 Napi Kelas II B Arma Terima Remisi

Daerah

Anggi Novitasari Juara I Lomba Senandung Lagu Daerah Seluma

Daerah

Pemkab BS Kejar Target PAD

Bengkulu Utara

Peringati Hari Lahir Pancasila, Wabup Arie SA Bergabung Secara Virtual

Bengkulu Utara

TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara